Kamis, 12 Mei 2011

Pengaruh Sensor Terhadap Efektifitas Focal Length

Focal length sebenarnya terpengaruh dari jenis sensor yang ada pada kamera DSLR. Focal length yang tertera pada lensa hanya benar-benar efektif pada kamera DSLR dengan sensor full-frame atau kamera SLR lama yang menggunakan film 35mm. Sementara kebanyakan kamera DSLR mempunyai sensor yang lebih kecil yang menyebabkan cropping terhadap luas pandang dan efektifnya mengkalikan focal lengh sekitar 1.5 atau dua kalinya. Jadi model kamera yang bukal full-frame/crop merk Nikon, Sony dan Pentax efektifnya mempunyai focal length dikali 1.5. Sementara model crop pada merk Canon efektifnya dikali 1.6, sementara DSLR lain yang berdasarkan pada model 43 seperti Olympus atau Panasonic, efektifnya dikali dua.



Ini kenapa para fotografer bisanya membicarakan soal focal length ‘efektif’, dimana focal length yang tertera pada lensa dikalikan dengan nilai ‘cropping’ pada kamera DSLR. Jadi lensa kit standar dengan focal length 18-55mm dipasangkan ke body Nikon, sebenarnya menghasilkan nilai sebesar 27-82mm.

Artinya jika kamu menginginkan jangkauan standar 50mm pada kamera Nikon, kamu sebenarnya cuma memerlukan lensa dengan focal length 33mm (jenis yang mendekati adalah lensa 35mm). Jika kamu ingin jangkauan wide angle dari lensa 28mm, kamu dapat menggunakan lensa dengan focal length 18mm, dan seterusnya. Jadi selalu ingat untuk mengalikan focal length lensa dengan faktor cropping dari kamera DSLR mu – dengan begitu, kamu dapat mengetahui apa yang akan kamu dapatkan.

Sebagai catatan, karena kamera DSLR yang cropped-frame sebenarnya tidak menggunakan keseluruhan area dari lensa normal, beberapa produsen lensa menawarkan model lensa yang dikoreksi disesuaikan dengan frame yang lebih kecil ini. Canon, Nikon, Sony dan Pentax merefensikan lensa tipe ini sebagai jenis EF-S, DX, DT dan DA. Lensa ini sebenarnya tidak cocok untuk kamera DSLR full-frame, jadi jika kamu berencana untuk beralir ke kamera full-frame dikemudian hari, hindari untuk membeli lensa tipe ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar